Return Delivery Aksestoko

Last Update : 14 December 2022

Bagaimana cara memproses retur dari aksestoko ?

  1. Jika ada retur dari aksestoko akan ada notifikasi pada menu Delivery Booking atau Pengiriman Booking dan akan ada notifikasi pada menu Delivery Booking dan pengiriman yang berwarna merah seperti digambar :
    image
  2. Silahkan klik pada bagian manapun pada delivery / pengiriman tersebut untuk memunculkan detail pengiriman, baik pada nama pelanggan atau nomor SO.
    image
  3. Jika sudah muncul seperti diatas, silahkan distributor melakukan approval atau reject pada retur toko.
    - Pada hal ini distributor bisa menentukan piihan, apakah toko akan di terima retunnya kemudian di potong invoice / dikirimkan ulang sisa barang rusak
    - Menolak return toko dan menganggap semua barang yang diterima toko baik.
  4. Jika distributor memilih retur maka, toko memiliki 1 kali kesempatan untuk retur kembali.
  5. Distributor menolak retur . Kemudian toko mengajukan retur kembali, akan membuat list Delivery order memiliki notifikasi dan warna retur kedua dari toko akan semakin merah.
    image
  6. Distributor melakukan approval / menerima retur toko. Maka distributor akan diarahkan pada halaman berikut :
    image
    Distributor dapat melakukan adjustment / penyesuaian pada barang rusak toko, misalnya hanya sebagian yang dianggap barang rusak atau semua diterima barang rusak berdasarkan laporan return toko.
  7. Menerima semua barang rusak yang dilaporkan toko.maka akan membuat status delivery pada list booking sales / penjualan booking menjadi partial / sebaian.
    image
    dan pada menu delivery booking akan menambah satu list DO untuk retur tersebut.
    image
  8. Silahkan diputuskan apakah return akan di potong invoice dan tidak dikirimkan kembali barang rusak, atau melakukan pengiriman kembali pada barang rusak yang dilaporkan toko
  9. Mengirim kembali barang yang rusak kepada toko, silahkan klik status delivery / status pengiriman yang partial / sebagian kemudian isi form yang muncul.
    image
  10. Memotong invoice atau tidak mengirimkan kembali barang rusak, distributor dapat memilih action / tindakan pada sales tersebut kemudian pilih close sales / tutup penjualan.
    image

Note : Penyelesaian jenis lain, bisa diselesaikan diluar sistem oleh distributor dan toko.