Penjelasan Price Group

Last Update : 20 December 2022

PRICE GROUP

Price group adalah menu untuk melakukan setting harga untuk customer, dimana harga yang diberikan berbeda / tidak sama dengan harga yang ada di list produk.

Price group sendiri memiliki 2 fungsi, yang pertama sebagai kelompok harga untuk membedakan antar toko, dan yang kedua sebagai kelompok harga untuk membedaan masing-masing gudang / wilayah.

Pertanyaan yang sering muncul :

Bagaimana jika toko ABADI masuk pada price group A namun dia masuk kemapping gudang B. Dimana gudang B memiliki price group sendiri juga, yakni Price group B. Harga yang terbaca sistem yang mana ?

Penjelasan singkat

Pada hal ini, sistem akan melakukan pengecekan. Bagaimana pengecekannya ?
Pengecekan pertama : Sistem akan melakukan pengecekan pada gudang customer / toko / pelanggan.Jika gudang memiliki price group maka, sistem akan mengambil harga gudang (temporary / sementara).

Pengecekan kedua : Setelah mengecek price group gudang, saat ini sistem akan melakukan pengecekan pada customer, apakah customer memiliki price group ? Jika customer tidak memiliki price group maka sistem akan otomatis mengambil price group gudang. Namun jika toko dideteksi memiliki price group maka sistem akan mengambil price group toko sebagai harga akhir.

Jadi bisa di simpulkan harga yang akan dibaca oleh sistem pada kasus diatas adalah harga price group toko yakni Price group A.